iklan banner

Hitunglah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh Anda

Hitung Kalori Yang Dibutuhkan Tubuh Anda - Bagaimana menghitung kalori yang dibutuhkan untuk tubuh ? disini saya akan menjelaskan bagaimana menghitung kalori. Nah Formoten akan berbagi tentang tips kesehatan, artikel kali ini mengenai Hitunglah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh Anda. Ayo kita baca dengan baik jika ingin mengerti.
Hitunglah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh Anda
Hitunglah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh Anda

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan tepat adalah dengan dengan mengaturnya pola makan. Ketahuilah kebutuhan kalori anda setiap hari. Dengan cara ini berat tubuh anda akan terjaga dengan lebih stabil sehingga anda tidak akan mengalami lemas, pusing atau berat badan yang turun dengan cepat dan juga naik dengan cepat. Ayo, kita hitung kebutuhan kalori anda dan atur menu makan dengan benar.

Apa Itu Kalori ?

Kalori merupakan satuan tenaga yang akan dibakar oleh tubuh. Banyaknya jumlah kalori yang dibutuhkan akan energi berbeda yang dipengaruhi berat badan, jenis kelamin, umur dan jenis aktivitas fisik yang anda lakukan.

Jika kita memakan makanan dengan jumlah kalori lebih banyak dari pada yang dibutuhkan oleh tubuh kita akan menyebabkan berat badan kita bertambah bahkan juga berpotensi menjadi obesitas. Misalnya, lemak mengandung 9 kalori per gram, dibandingkan dengan 4 kalori dalam satu gram protein atau satu gram karbohidrat.

Nah jadi, kita memasukan lebih banyak kalori apabila kita mengkonsumsi lemak. Faktor lain ialah cara tubuh manusia menggunakan energi yang dipasok oleh karbohidrat, protein, dan lemak. Perlahan - lahan, tubuh membakar karbohidrat dan protein, baru kemudian lemak. Kalori lemak yang tidak terpakai dikonversikan menjadi lemak tubuh. Jadi mengurangi makanan berlemak adalah Cara yang terpenting untuk mengurangi berat badan kita.

Hitung Kebutuhan

Perhitungan pertama yang dilakukan adalah menghitung angka metabolisme basal (AMB) rumusnya adalah :
AMB=0,9 kkal x berat badan (dalam kg) x 24 jam
Untuk menghitung kebutuhan energi harigan, jadi angka AMB yang didapat kemudian dikendalikan dengan variabel dari aktivitas fisik yang anda lakukan. Aktivitas dan variabel yang dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Ringan = 1,55
  • Sedang = 1,70
  • Berat = 2,00
Kurangi kebutuhan kalori kurang lebih 500 kkal agar berat badan turun sekitar 0,5 setiap minggunya.

Contoh Menghitung Kalori

Sebagai karyawan dengan ativitas ringan ( Yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk di depan komputer ), misalnya berat badan A adalah 60kg. Berapa kebutuhan energi harian dari A ?
AMB = 0,9 kkal x 60 x 24 jam = 1296
Kebutuhan energi harian (Kategori Ringan) = 1,55 x 1296 = 2008,8 kkal.

Apa Arti Angka Kalori Tersebut ?

Jika A ingin menurunkan berat badannya, maka dapat mengurangi sekitar 500kkal dari asupan makanan dan minumannya setiap hari. Berarti jumlah kalori yang sebaiknya disantap sekitar 1500 kkal. Jumlah tersebut dapat membuat A berkurang berat badannya sebanyak 0,5 Kg/minggu.

Pillihan Menu Makan

Setelah mengetahui jumlah kalori dan cara menghitung kalori, langkah selanjutnya adalah mengatur menu makan agar jumlah kalori yang di makan tidak berlebihan yang aktibatnya menggagalkan diet anda.

Ingat, agar makanan yang makan tetap memenuhi gizi 4 sehat 5 sempurna. Makanan terdiri dari karbohidrat, protein, protein sayur, buah dan susu. Agar anda tidak tersiksa karena program diet, maka buah dapat disantap diantara makan pagi dan makan siang serta antara makan siang dan makan malam sebagai snack.

Pola makan untuk makan pagi, siang dan malam untuk kebutuhan kalori sebanyak 1500 kkal yaitu :

Sarapan : Karbohidrat + Protein + Susu / Produk Olahan Susu.
Makanan Ringan Pagi : Buah
Makan Siang : Karbohidrat + Protein + Sayur
Makan Ringan Sore : Buah
Makan Malam : Karbohidrat + Protein + Sayur

Begitulah pola makan untuk makan pagi, siang dan malam untuk kebutuhan kalori. Yuk lanjut lagi membacanya.

Perhatikan Cara Pengolahan Makanan

Cara pengolahan makanan dapat menambahkan jumlah kalori makanan secara keseluruhan. Misalnya, 1 sendok makan minyak goreng akan menambahkan 126 kkal, 1 sendok makan mentega menambah 80kkal, 1 sendok teh gula menambah 32 kkal.

Teknik pengolahan yang dianjurkan adalah cara direbus, dikukus atau dipanggang. Makanan yang menggunakan santan sebaiknya tidak dikonsumsi karena dapat menambahkan jumlah kalori. Jika, anda dapat mengganti santan dengan susu rendah lemak seperti soto betawi. Makanan bersantan atau digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering atau sebaiknya hanya sesekali.

Nah begitulah cara menghitung kalori, semoga bermanfaat bagi semuanya.
Sekian artikel tentang Hitunglah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh Anda, semoga bermanfaat, terima kasih.
Previous
Next Post »